Menu

Mode Gelap

Berita · 21 Jul 2022 13:44 WIB ·

9 Mahasiswa KKN Kebangsaan Asal Berbagai Macam Perguruan Tinggi Bertugas Di Desa Pantik


 9 Mahasiswa KKN Kebangsaan Asal Berbagai Macam Perguruan Tinggi Bertugas Di Desa Pantik Perbesar

www.muranews.com-Pulang Pisau – Kedatangan Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Desa Pantik yang sedang melakukan KKN Kebangsaan Ke-X dan KKN Bersama 2022 disambut baik oleh Kepala desa (Kades) serta perangkat desa lainnya dan masyarakat desa Pantik, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau, rabu (20/07/2022).

Adapun Tema dari KKN Kebangsaan dan KKN bersama 2022 di Kalimantan Tengah yaitu “Penerapan Falsafah Huma Betang Sebagai Perwujudan NKRI untuk Mendukung Pengembangan Lumbung Pangan (Food Estate) Menuju Kemandirian Nasional”.

Dalam kedatangan Kelompok KKN tersebut, turut hadir Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Ir. Emmy Uthanya Antang, M.Si.

Pada kesempatan penyambutan yang di lakukan oleh pihak desa, DPL menyampaikan izin kepada kepala desa untuk melangsungkan Kegiatan KKN Kebangsaan di Desa Pantik selama 4 minggu kedepan.

“Saya selaku DPL mahasiswa KKN Kebangsaan khususnya untuk kelompok KKN Desa Pantik, saya memohon izin kepada Bapak Kades, Pemerintah Desa (Pemdes) dan tentunya juga kepada masyarakat Desa Pantik, memohon izin untuk melakukan kegiatan KKN Kebangsaan di Desa Pantik selama 4 minggu kedepan,” kata DPL, Ir. Emmy Uthanya Antang, M.Si. .

Sementara itu,masih di tempat yang sama, Bapak Dwi Cahyono yang selaku Kades Pantik menyambut baik kedatangan mahasiswa KKN Kebangsaan Ke-X dan KKN Bersama 2022, khususnya kelompok KKN Desa Pantik. Dwi Cahyono berharap dengan adanya kelompok KKN yang datang ke Desa Pantik dapat memberikan kontribusi atau dampak nyata terhadap desa yang ia pimpin.

“Saya berharap kepada mahasiswa yang sedang melaksanakan KKN Kebangsaan Ke-X dan KKN Bersama di desa kami, dapat memberikan dampak nyata terhadap desa Pantik, terlebih saya juga mendo’akan apa yang rekan-rekan adek mahasiswa programkan dan rencanakan dapat berjalan lancar serta terealisasi dengan tepat waktu sehingga dampaknya nantinya dapat dirasakan warga kami,” harap Kades Pantik, Dwi Cahyono.

Dwi Cahyono menambahkan bahwa sangat berharap penuh kepada mahasiswa yang saat ini menjalankan tugas KKN untuk dapat membantu memecahkan masalah yang di alami warganya terutama permasalahan yang berhubungan dengan pertanian, seperti pengelolaan lahan, perawatan dan pasca panen.

“harapannya diadakannya KKN Kebangsaan dan Bersama 2022 ini dapat memecahkan masalah yang ada di masyarakat sekitar terutama permasalah yang berhubungan dengan pertanian mulai dari mengelola lahan, perawatan, hingga pasca panen,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua kelompok KKN Desa Pantik, Jarkani yang mewakili teman-teman anggota kelompok mengatakan bahwa sangat berterima kasih atas sambutan sangat yang pemdes lakukan. Ia juga meminta untuk diberikan arahan dan informasi terkait lingkungan sekitar desa.

“Saya mewakili teman-teman dalam kelompok KKN Desa Pantik mengucapkan terima kasih banyak atas sambutan yang begitu hangat terhadap kedatangan kelompok kami. Kami pada kesempatan ini memohon dan meminta arahan dan juga yang tidak kalah pentingnya yaitu informasi terkait lingkungan sekitar desa ini. Dengan adanya informasi tersebut maka dapat memudahkan dan membantu kami dalam menjalankan program kerja dalam 4 minggu kedepan,” ucapnya.

Adapun informasi 9 mahasiswa sebagai peserta KKN Kebangsaan dan bersama yang ditugaskan di desa Pantik, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau adalah Jarkani (Universitas Palangka Raya), Reliana Romaito Sitinjak (Universitas Palangka Raya), Siti Nur Hidayati (Universitas Sriwijaya), Qalfiansah Pasambuna (Universitas Negeri Gorontalo), Lucky Meiwino Hamesti Pratama (Universitas Riau), Nadila Ravika (Universitas Andalas Padang), Dini (Universitas Palangka Raya), Desartika Violin (Universitas Palangka Raya), dan Firra Ila Kamaliah (UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung). Kesembilan mahasiswa tersebut melaksanakan program kerja dan pengabdian selama 4 minggu, terhitung dari tanggal 20 Juli 2022.(Raz/red)

Artikel ini telah dibaca 51 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ini Langkah Jajaran Polres Mura Terkait Kenaikkan BBM

14 September 2022 - 19:00 WIB

Bantuan Bencana Banjir Tidak Terlihat Dari Pemkab Murung Raya.

14 September 2022 - 10:28 WIB

Satlantas Polres Barito Utara Secara Rutin Laksanakan Patroli Malam untuk Cegah Tindak Kejahatan

14 September 2022 - 07:38 WIB

Satlantas Polres Barito Utara Tetap Terapkan Prokes untuk Cegah Penyebaran Covid-19

14 September 2022 - 07:38 WIB

Terjerat Kasus Narkoba, Polisi Tangkap HH di Palangka Raya

13 September 2022 - 20:09 WIB

Bekuk AK, 5 Gram Sabu Berhasil Diamankan Polisi

13 September 2022 - 20:08 WIB

Trending di Berita