Menu

Mode Gelap

Berita · 22 Des 2021 21:29 WIB ·

Ini Jumlah Terduga Teroris yang Berhasil Diamankan Densus 88 Di Kalteng


 Ini Jumlah Terduga Teroris yang Berhasil Diamankan Densus 88 Di Kalteng Perbesar

Muranews.com, Palangka Raya – Detasemen Khusus Anti Teror (Densus) 88 dibantu Kepolisian Daerah Polda Kalimantan Tengah, menangkap dua terduga teroris di Kabupaten Kotawaringin Timur, dan satu di Kota Palangka Raya.

Ketiga terduga teroris yang bernama Areaz dan Muh S laitz serta RT F Zay ini ditangkap di dua tempat yang berbeda dan tidak melakukan perlawanan, kata Kabid Humas Polda Kalteng Kombes Pol Kismanto Eko Saputro saat dikonfirmasi melalui pesan singkat di Palangka Raya, Rabu,

“Hasil lidik, ketiga terduga teroris itu diduga terlibat dalam rencana melakukan aksi amaliyah atau aksi teror akhir tahun 2021 di provinsi ini,” beber dia.

Adapun penangkapan seorang terduga teroris itu di Hotel Hawai Jalan Bubut di nomor kamar 323 Kota Palangka Raya, dan dua orang lainnya ditangkap di Istana Jelawat Kabupaten Kotawaringin Timur pada Selasa (21/12) pukul 21.00 dan pukul 22.00 WIB.

Eko mengatakan, sekalipun tak ada perlawan saat penangkapan, tiga terduga teroris yang terafiliasi ke Islamic State dan berbaiat kepada Abu Bakar Al-Baghdadi dan penggantinya itu, Densus 88 berhasil menyita sejumlah barang bukti hasil penggeledahan.

Barang bukti itu berupa buku dunia sopie, buku senyum terakhir sang mujahid, Ensiklopedi akhir zaman, dua catatan harian, satu toples peluru gotri, sarung tangan, segel buku seri kafilah syuhada, Rangkaian baterai, memory MMC merk sandisk, Baju gamis warna hitam, satu pasang sepatu tactical warna coklat.

“Ada ditemukan senjata api rakitan berikut senjata tajam, kemudian baju-baju yang digunakan untuk latihan militer untuk persiapan amaliyah, selanjutnya ditemukan buku-buku terkait pemahaman ideologi serta beberapa barang bukti lain terkait perbuatan pidana terorisme,” ungkapnya.

Di lokasi terpisah, Ardi (24) pegawai Hotel Hawai Jalan Bubut Kota Palangka Raya membenarkan bahwa ada penangkapan pengunjung hotel yang tidur di kamar nomor 323. Di mana, awalnya mereka memesan kamar pada hari Selasa (21/12) siang hari. Kemudian di dalam kamar tersebut, ada beberapa orang rekannya.

“Pada malam harinya tiba-tiba datang anggota kepolisian dengan menggunakan pakaian biasa dan membawa senjata laras panjang dan menanyakan kepada teman saya yang jaga, bahwa kamar 323 ada orangnya, dan dia bilang ada,” katanya.

Saat itu pintu langsung digeledah dan salah satu orang di dalam kamar itu berperawakan besar langsung diamankan dan bagian tangannya diborgol. Usai menangkap orang tersebut, anggota kepolisian itu langsung membawa orang tersebut menggunakan beberapa mobil.

“Saya kurang tahu pasti orangnya itu yang mana, yang jelas perawakannya itu besar dan dibawa ke mobil malam itu juga,” demikian Ardi. Berita ini dilansir dari,”Antara Kalteng (Red)

Artikel ini telah dibaca 77 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Danwingdiktek Tutup 2 (Dua) Pendidikan Sesarcabtek dan Sejurlahar Lisment

13 Januari 2022 - 11:28 WIB

Pasis Sesarcabtek A-36 Terima Pembekalan dari Dankoharmatau

12 Januari 2022 - 19:24 WIB

Wakil Ketua II DPRD Kabuypaten Murung Raya hadiri Rakor TPP-P3MD Tingkat Kabupaten Mura.

12 Januari 2022 - 19:10 WIB

Peduli Warga Terdampak Pandemi, Kadispsiad Bersama BRI Serahkan Bantuan

28 Desember 2021 - 14:30 WIB

28 Desember 2021 - 14:21 WIB

Danwingdiktek : Pendidikan merupakan bekal guna memacu Pengembangan diri untuk meningkatkan kualitas Prajurit

28 Desember 2021 - 14:16 WIB

Trending di Berita